Kamis, 02 April 2009

Mahasiswa dan Politik

Hingar bingar pesta demokrasi di Kalimantan Barat – baik itu tingkat provinsi, kabupaten maupun kota – membuat semua masyarakat ingin berpartisipasi. Pada pemilu legislatif kali ini banyak bermunculan wajah-wajah baru yang ingin duduk di kursi legislatif. Karena pemilu legislatif bisa dikatakan ‘lapangan kerja’ baru bagi sebagian orang karena jika terpilih maka tidak perlu lagi susah-susah memikirkan pekerjaan. Bisa juga menjadi ajang popularitas, perang intelektual (dari segi visi dan misi), dan peluang-peluang lain yang bisa ditimbulkan dari pemilu legislatif ini.Bahkan tak ketinggalan juga ada beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Kalbar ini ikut memeriahkan pemilu legislatif dengan motif yang berbeda-beda tentunya.

Berpartisipasi dalam politik memang merupakan hak setiap orang. Akan tetapi, menjadi complicated ketika mahasiswa juga ikut terjun ke dalamnya. Misalkan nanti terpilih, bagaimana dengan tugasnya sebagai mahasiswa di perguruan tinggi? Apakah harus berhenti kuliah, cuti atau pilihan-pilihan lainnya? Hal-hal seperti ini harusnya dipikirkan secara jangka panjang, bukan jangka pendek. Banyak hal yang harus dipelajari sebelum terjun ke dunia masyarakat.

Apabila ingin berkarir di dunia politik bisa saja setelah selesai menjadi mahasiswa karena perjalanan hidup masih panjang, pengalamanpun telah memadai untuk memahami politik dan masyarakat. Akan terjadi kerancuan ketika masih berstatus mahasiswa menjadi dewan legislatif lalu ada ketimpangan kebijakan, teman-temannya sesama mahasiswa yang mendemo untuk mengubah kebijakan tersebut. Yang lebih parah lagi adalah saat duduk di kursi dewan kita tidak tahu apa yang harus dilakukan karena tidak punya pengalaman.

Oleh karena itu, apabila kita berkeinginan terjun ke dunia politik, dalam hal ini menjadi anggota dewan, kita harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa politik itu. Selain itu, kita juga harus paham kondisi masyarakat sehingga tahu bagaimana membuat kebijakan. Yang paling terpenting sebagai mahasiswa yang memiliki keinginan untuk terjun di dunia politik, hendaknya kita selesaikan dulu tugas sebagai mahasiswa di perguruan tinggi. Selain itu juga teori-teori yang telah didapatkan bisa dipraktekkan di masyarakat. Dan tentunya, sebelum masuk ke dunia baru, kita juga harus mempelajari seperti apa dunia itu, baik kelebihan maupun kekurangannya.

0 komentar: